Minggu, 06 Juli 2014

TUGAS INOVASI MEMBUAT RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 2. Selalu Berhemat Energi



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SatuanPendidikan       : SD NegeriBegalon 1
Kelas/Semester            : IV/1
Tema                           : 2. Selalu Berhemat Energi
Sub Tema                    : 2. Pemanfaatan Energi
Pembelajaran               : 1 (satu)
Alokasiwaktu              : (5x35menit) 1 hari



A.    KOMPETENSI INTI (KI)
1.      Menerimadanmenjalankanajaran agama yang dianutnya.
2.      Memilikiperilakujujur, disiplin, tanggungjawab, santun, peduli, danpercayadiridalamberinteraksidengankeluarga, temandan guru.
3.      Memahamipengetahuanfaktualdengancaramengamati [mendengar, melihat, membaca] danmenanyaberdasarkan rasa ingintahutentangdirinya, makhlukciptaanTuhandankegiatannya, danbenda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.      Menyajikanpengetahuanfaktualdalambahasa yang jelasdanlogisdansistematis, dalamkarya yang estetisdalamgerakan yang mencerminkananaksehat, dandalamtindakan yang mencerminkanperilakuanakberimandanberakhlakmulia.

B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
IPA
3.4     Membedakan berbagai bentuk energy melalui pengamatan dan mendeskripsikan   pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari.
4.6   Menyajikan laporan tentang sumberdaya alam dan pemanfaatannya oleh masyarakat.

PPKn
3.2 Memahamihakdankewajibansebagaiwargadalamkehidupansehari-hari di rumah, sekolah, danmasyarakat.
4.2   Melaksanakan kewajiban sebagai warga di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat.

Bahasa Indonesia
3.1  Menggali informasi dari teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulisan dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.1 Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dalam bahasa Indonesia lisan dan tulisan dengan memilih dan meilah kosa kata baku.

C.    INDIKATOR
IPA
3.4.1    Mengidentifikasi sumber dan perubahan energi dalam kegiatankegiatan yang ada dalam gambar.
4.6.1    Menyajikan laporan hasil percobaan yang berhubungan dengan energi panas.

PPKn
3.2.1 Melaksanakanperilakusikaphematenergi.

Bahasa Indonesia
3.1.1 Menyajikanlaporanhasilpercobaan yang berhubungandenganenergipanasdenganmemperhatikanpenulisandanpenggunaankosakatabaku.

D.    TUJUAN
1.      Dengan mengamati gambar, siswa mampu mengidentifikasi sumber dan perubahan bentuk energi dengan benar.
2.      Setelah melakukan percobaan, siswa mampu mengenal energi panas dan perubahannya dengan benar.
3.      Setelah melakukan percobaan, siswa mampu menyajikan laporan hasil percobaan yang berhubungan dengan energi panas dengan benar.
4.      Dengan bercerita, siswa mampu menunjukkan perilaku sikap aman dan berhemat dalam penggunaan energi dengan mandiri dan benar.

E.     PENDEKATAN & METODE
Pendekatan     : Scientific
Strategi                 :Problem Based Learning
Metode                 : Tanya Jawab, DiskusidanCeramah

F.  KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kegiatan
Deskripsi kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam.
2.      Guru mengajak siswa berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.
3.      Guru mengecek kehadiran siswa.
4.      Guru memberikan cerita tentang seorang tokoh yang patut diteladani atau gambar-gambar yang dapat memotivasi peserta didik dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar. (motivasi)
5.      Gurumengulang kembali materi yang disampaikan pada pertemuan sebelumnya. (apersepsi)
6.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan tersebut dan ruang lingkup materi yang akan dipelajari, yaitu  siswa mampu mengidentifikasi sumber dan perubahan bentuk energi dengan benar.(tujuan pembelajaran)

10 menit
Inti
1.      Siswa secara berpasangan mengamati gambar kegiatan yang ada di buku siswa dan menuliskan energi yang digunakan serta perubahannya saat melakukan kegiatan tersebut.
Alternatif Pembelajaran:
a.       Guru mengajak siswa ke perpustakaan untuk melakukan studi kepustakaan dan mencari bentuk kegiatan, energi yang digunakan, dan sumber energinya.
b.      Guru menyediakan gambar yang menampilkan berbagai macam kegiatan yang menggunakan energi yang lebih bervariatif dengan mengambil gambar dari berbagai majalah, koran, atau media lain.
2.      Siswa menulis dan mempresentasikan/ menyampaikan  hasil pengamatan gambar secara lisan di depan kelas.
3.      Siswa melakukan percobaan dan mengamati hasil percobaan tentang energi panas pada buku siswa.
4.      Siswa menemukan hal-hal yang perlu diamati dengan merumuskan pertanyaan-pertanyaan seperti:
a.       Bagaimana penulisan kata, lambang bilangan, dan tanda baca yang digunakan pada laporan tersebut?
b.      Bagaimana merangkaikan antarkalimat dalam tiap paragrafnya?
c.       Apa yang perlu diperhatikan dalam membuat sebuah kalimat?
d.      Bagaimana membuat kalimat agar mudah dipahami oleh pembaca?
5.      Siswa menuliskan hasil percobaan yang telah dilakukan
Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membuat laporan adalah:
·         Ketepatan penulisan huruf, kata, lambang bilangan,
·         serta ketepatan penggunaan tanda baca.
·         Ketepatan penggunaan kata-kata untuk mengungkapkan
·         suatu maksud sesuai situasi dan kondisi.
·         Keefektifan kalimat untuk mewakili gagasan atau perasaan penulis yang ingin disampaikan kepada pembacanya.
·         Kalimat yang baik harus mengandung subjek dan predikat.
·         Adanya keterpaduan antarparagraf.
6.      Siswa mendiskusikan hal-hal apa saja yang dapat dipelajari dari kegiatan percobaan ini.
7.      Siswa mendiskusikan sikap apa saja yang harus ditunjukkan pada saat kegiatan percobaan dilakukan.
8.      Siswa menganalisis gambar yang ada pada buku tentang sikap hemat energi.
9.      Siswa berdiskusi tentang cara aman menggunakan alat-alat listrik dengan amansecara berkelompok.
10.  Siswa mengemukan pendapatnya pada kegiatan diskusi kelas yang dibimbing guru. Saat kegiatan diskusi, guru memandu siswa agar berani mengungkapkan pendapatnya dengan mengucapkan kata-kata pujian yang membangun/positif bila ada siswa yang berani mengungkapkan pendapatnya. Apabila siswa belum berani mengungkapkan pendapatnya, bisa dimulai dengan pendapat yang diberikan oleh guru dan meminta siswa untuk melanjutkannya.
11.  Siswa menjawab pertanyaan yang ada pada buku siswa.

150 menit
Penutup
1.      Guru memberikan kesempatan bertanya kepada siswa mengenai materi yang belum jelas.
2.      Guru membimbing siswa dalam menyimpulkan kegiatan belajar.
3.      Guru memberikan evaluasi yang dikerjakan secara individu.
4.      Guru mengumpulkan hasil kerja sebagai bahan portofolio dan melakukan penilaian.
5.      Guru membimbing siswa merefleksi kegiatan pembelajaran, meliputi:
a.    Apa yang kalian pelajari dari kegiatan hari ini?
b.    Kegiatan apa yang paling kalian sukai? Mengapa?
c.    Kesulitan apa yang kalian temui?
d.   Hal baik apa yang dapat kamu terapkan dalam kegiatan sehari-hari? Serta jelaskan mengapa kamu perlu menerapkannya
6.      Guru memberikan penguatan berupa pujian atas hasil kerja kelompok yang telah dilakukan dan penambahan informasi yang memperjelas konsep yang telah didapat siswa.
7.      Guru mengadakantindaklanjutdenganmemberitugasmengisitabelpenggunaanenergi di rumah.
8.      Guru menyampaikan informasi untuk pertemuan berikutnya. “Pertemuan besok masih mendalami tema Selalu Berhemat Energi dengan subtema Gaya dan Gerak”.
9.      Guru bersama siswa mengakhiri proses pembelajaran dengan berdo’a dan mengucap salam.
15 menit

G.    SUMBER DANMEDIA
1.      Buku Pedoman Guru Tema 2 Kelas 4 dan Buku Siswa Tema 2 Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
2.      Gambar tentang Pemanfaatan Energi.





Fitria J. 98










Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Minggu, 06 Juli 2014

TUGAS INOVASI MEMBUAT RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 2. Selalu Berhemat Energi



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SatuanPendidikan       : SD NegeriBegalon 1
Kelas/Semester            : IV/1
Tema                           : 2. Selalu Berhemat Energi
Sub Tema                    : 2. Pemanfaatan Energi
Pembelajaran               : 1 (satu)
Alokasiwaktu              : (5x35menit) 1 hari



A.    KOMPETENSI INTI (KI)
1.      Menerimadanmenjalankanajaran agama yang dianutnya.
2.      Memilikiperilakujujur, disiplin, tanggungjawab, santun, peduli, danpercayadiridalamberinteraksidengankeluarga, temandan guru.
3.      Memahamipengetahuanfaktualdengancaramengamati [mendengar, melihat, membaca] danmenanyaberdasarkan rasa ingintahutentangdirinya, makhlukciptaanTuhandankegiatannya, danbenda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.      Menyajikanpengetahuanfaktualdalambahasa yang jelasdanlogisdansistematis, dalamkarya yang estetisdalamgerakan yang mencerminkananaksehat, dandalamtindakan yang mencerminkanperilakuanakberimandanberakhlakmulia.

B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
IPA
3.4     Membedakan berbagai bentuk energy melalui pengamatan dan mendeskripsikan   pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari.
4.6   Menyajikan laporan tentang sumberdaya alam dan pemanfaatannya oleh masyarakat.

PPKn
3.2 Memahamihakdankewajibansebagaiwargadalamkehidupansehari-hari di rumah, sekolah, danmasyarakat.
4.2   Melaksanakan kewajiban sebagai warga di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat.

Bahasa Indonesia
3.1  Menggali informasi dari teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulisan dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.1 Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dalam bahasa Indonesia lisan dan tulisan dengan memilih dan meilah kosa kata baku.

C.    INDIKATOR
IPA
3.4.1    Mengidentifikasi sumber dan perubahan energi dalam kegiatankegiatan yang ada dalam gambar.
4.6.1    Menyajikan laporan hasil percobaan yang berhubungan dengan energi panas.

PPKn
3.2.1 Melaksanakanperilakusikaphematenergi.

Bahasa Indonesia
3.1.1 Menyajikanlaporanhasilpercobaan yang berhubungandenganenergipanasdenganmemperhatikanpenulisandanpenggunaankosakatabaku.

D.    TUJUAN
1.      Dengan mengamati gambar, siswa mampu mengidentifikasi sumber dan perubahan bentuk energi dengan benar.
2.      Setelah melakukan percobaan, siswa mampu mengenal energi panas dan perubahannya dengan benar.
3.      Setelah melakukan percobaan, siswa mampu menyajikan laporan hasil percobaan yang berhubungan dengan energi panas dengan benar.
4.      Dengan bercerita, siswa mampu menunjukkan perilaku sikap aman dan berhemat dalam penggunaan energi dengan mandiri dan benar.

E.     PENDEKATAN & METODE
Pendekatan     : Scientific
Strategi                 :Problem Based Learning
Metode                 : Tanya Jawab, DiskusidanCeramah

F.  KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kegiatan
Deskripsi kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam.
2.      Guru mengajak siswa berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.
3.      Guru mengecek kehadiran siswa.
4.      Guru memberikan cerita tentang seorang tokoh yang patut diteladani atau gambar-gambar yang dapat memotivasi peserta didik dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar. (motivasi)
5.      Gurumengulang kembali materi yang disampaikan pada pertemuan sebelumnya. (apersepsi)
6.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan tersebut dan ruang lingkup materi yang akan dipelajari, yaitu  siswa mampu mengidentifikasi sumber dan perubahan bentuk energi dengan benar.(tujuan pembelajaran)

10 menit
Inti
1.      Siswa secara berpasangan mengamati gambar kegiatan yang ada di buku siswa dan menuliskan energi yang digunakan serta perubahannya saat melakukan kegiatan tersebut.
Alternatif Pembelajaran:
a.       Guru mengajak siswa ke perpustakaan untuk melakukan studi kepustakaan dan mencari bentuk kegiatan, energi yang digunakan, dan sumber energinya.
b.      Guru menyediakan gambar yang menampilkan berbagai macam kegiatan yang menggunakan energi yang lebih bervariatif dengan mengambil gambar dari berbagai majalah, koran, atau media lain.
2.      Siswa menulis dan mempresentasikan/ menyampaikan  hasil pengamatan gambar secara lisan di depan kelas.
3.      Siswa melakukan percobaan dan mengamati hasil percobaan tentang energi panas pada buku siswa.
4.      Siswa menemukan hal-hal yang perlu diamati dengan merumuskan pertanyaan-pertanyaan seperti:
a.       Bagaimana penulisan kata, lambang bilangan, dan tanda baca yang digunakan pada laporan tersebut?
b.      Bagaimana merangkaikan antarkalimat dalam tiap paragrafnya?
c.       Apa yang perlu diperhatikan dalam membuat sebuah kalimat?
d.      Bagaimana membuat kalimat agar mudah dipahami oleh pembaca?
5.      Siswa menuliskan hasil percobaan yang telah dilakukan
Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membuat laporan adalah:
·         Ketepatan penulisan huruf, kata, lambang bilangan,
·         serta ketepatan penggunaan tanda baca.
·         Ketepatan penggunaan kata-kata untuk mengungkapkan
·         suatu maksud sesuai situasi dan kondisi.
·         Keefektifan kalimat untuk mewakili gagasan atau perasaan penulis yang ingin disampaikan kepada pembacanya.
·         Kalimat yang baik harus mengandung subjek dan predikat.
·         Adanya keterpaduan antarparagraf.
6.      Siswa mendiskusikan hal-hal apa saja yang dapat dipelajari dari kegiatan percobaan ini.
7.      Siswa mendiskusikan sikap apa saja yang harus ditunjukkan pada saat kegiatan percobaan dilakukan.
8.      Siswa menganalisis gambar yang ada pada buku tentang sikap hemat energi.
9.      Siswa berdiskusi tentang cara aman menggunakan alat-alat listrik dengan amansecara berkelompok.
10.  Siswa mengemukan pendapatnya pada kegiatan diskusi kelas yang dibimbing guru. Saat kegiatan diskusi, guru memandu siswa agar berani mengungkapkan pendapatnya dengan mengucapkan kata-kata pujian yang membangun/positif bila ada siswa yang berani mengungkapkan pendapatnya. Apabila siswa belum berani mengungkapkan pendapatnya, bisa dimulai dengan pendapat yang diberikan oleh guru dan meminta siswa untuk melanjutkannya.
11.  Siswa menjawab pertanyaan yang ada pada buku siswa.

150 menit
Penutup
1.      Guru memberikan kesempatan bertanya kepada siswa mengenai materi yang belum jelas.
2.      Guru membimbing siswa dalam menyimpulkan kegiatan belajar.
3.      Guru memberikan evaluasi yang dikerjakan secara individu.
4.      Guru mengumpulkan hasil kerja sebagai bahan portofolio dan melakukan penilaian.
5.      Guru membimbing siswa merefleksi kegiatan pembelajaran, meliputi:
a.    Apa yang kalian pelajari dari kegiatan hari ini?
b.    Kegiatan apa yang paling kalian sukai? Mengapa?
c.    Kesulitan apa yang kalian temui?
d.   Hal baik apa yang dapat kamu terapkan dalam kegiatan sehari-hari? Serta jelaskan mengapa kamu perlu menerapkannya
6.      Guru memberikan penguatan berupa pujian atas hasil kerja kelompok yang telah dilakukan dan penambahan informasi yang memperjelas konsep yang telah didapat siswa.
7.      Guru mengadakantindaklanjutdenganmemberitugasmengisitabelpenggunaanenergi di rumah.
8.      Guru menyampaikan informasi untuk pertemuan berikutnya. “Pertemuan besok masih mendalami tema Selalu Berhemat Energi dengan subtema Gaya dan Gerak”.
9.      Guru bersama siswa mengakhiri proses pembelajaran dengan berdo’a dan mengucap salam.
15 menit

G.    SUMBER DANMEDIA
1.      Buku Pedoman Guru Tema 2 Kelas 4 dan Buku Siswa Tema 2 Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
2.      Gambar tentang Pemanfaatan Energi.





Fitria J. 98










Tidak ada komentar:

Posting Komentar