RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SatuanPendidikan :
SD NegeriBegalon 1
Kelas/Semester :
IV/1
Tema :
2. Selalu Berhemat Energi
Sub Tema :
2. Pemanfaatan Energi
Pembelajaran
:
1 (satu)
Alokasiwaktu :
(5x35menit) 1 hari
A.
KOMPETENSI INTI (KI)
1. Menerimadanmenjalankanajaran
agama yang dianutnya.
2. Memilikiperilakujujur,
disiplin, tanggungjawab, santun, peduli,
danpercayadiridalamberinteraksidengankeluarga, temandan guru.
3. Memahamipengetahuanfaktualdengancaramengamati
[mendengar, melihat, membaca] danmenanyaberdasarkan rasa
ingintahutentangdirinya, makhlukciptaanTuhandankegiatannya, danbenda-benda yang
dijumpainya di rumah, sekolah.
4. Menyajikanpengetahuanfaktualdalambahasa
yang jelasdanlogisdansistematis, dalamkarya yang estetisdalamgerakan yang
mencerminkananaksehat, dandalamtindakan yang
mencerminkanperilakuanakberimandanberakhlakmulia.
B.
KOMPETENSI DASAR (KD)
IPA
3.4 Membedakan
berbagai bentuk energy melalui pengamatan dan mendeskripsikan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari.
4.6 Menyajikan laporan tentang sumberdaya alam dan
pemanfaatannya oleh masyarakat.
PPKn
3.2 Memahamihakdankewajibansebagaiwargadalamkehidupansehari-hari
di rumah, sekolah, danmasyarakat.
4.2 Melaksanakan kewajiban sebagai warga di
lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat.
Bahasa Indonesia
3.1 Menggali
informasi dari teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas,
bunyi, dan cahaya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan
dan tulisan dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.1 Mengamati, mengolah, dan menyajikan
teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan
cahaya dalam bahasa Indonesia lisan dan tulisan dengan memilih dan meilah kosa
kata baku.
C.
INDIKATOR
IPA
3.4.1 Mengidentifikasi
sumber dan perubahan energi dalam kegiatankegiatan yang ada dalam gambar.
4.6.1 Menyajikan
laporan hasil percobaan yang berhubungan dengan energi panas.
PPKn
3.2.1 Melaksanakanperilakusikaphematenergi.
Bahasa Indonesia
3.1.1 Menyajikanlaporanhasilpercobaan yang
berhubungandenganenergipanasdenganmemperhatikanpenulisandanpenggunaankosakatabaku.
D. TUJUAN
1. Dengan
mengamati gambar, siswa mampu mengidentifikasi sumber dan perubahan bentuk
energi dengan benar.
2. Setelah
melakukan percobaan, siswa mampu mengenal energi panas dan perubahannya dengan
benar.
3. Setelah
melakukan percobaan, siswa mampu menyajikan laporan hasil percobaan yang
berhubungan dengan energi panas dengan benar.
4. Dengan
bercerita, siswa mampu menunjukkan perilaku sikap aman dan berhemat dalam
penggunaan energi dengan mandiri dan benar.
E.
PENDEKATAN & METODE
Pendekatan :
Scientific
Strategi :Problem Based Learning
Metode : Tanya Jawab,
DiskusidanCeramah
F. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi kegiatan
|
Alokasi waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Guru mengucapkan salam.
2.
Guru mengajak siswa berdoa sesuai dengan agama dan
keyakinan masing-masing.
3.
Guru mengecek kehadiran siswa.
4.
Guru memberikan
cerita tentang seorang tokoh yang patut diteladani atau gambar-gambar yang
dapat memotivasi peserta didik dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar. (motivasi)
5.
Gurumengulang kembali
materi yang disampaikan pada pertemuan sebelumnya. (apersepsi)
6.
Guru menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan tersebut dan ruang lingkup materi yang
akan dipelajari, yaitu siswa mampu mengidentifikasi sumber dan
perubahan bentuk energi dengan benar.(tujuan pembelajaran)
|
10 menit
|
Inti
|
1. Siswa
secara berpasangan mengamati gambar kegiatan yang ada di buku siswa dan
menuliskan energi yang digunakan serta perubahannya saat melakukan kegiatan
tersebut.
Alternatif
Pembelajaran:
a. Guru
mengajak siswa ke perpustakaan untuk melakukan studi kepustakaan dan mencari
bentuk kegiatan, energi yang digunakan, dan sumber energinya.
b. Guru
menyediakan gambar yang menampilkan berbagai macam kegiatan yang menggunakan
energi yang lebih bervariatif dengan mengambil gambar dari berbagai majalah,
koran, atau media lain.
2. Siswa
menulis dan mempresentasikan/ menyampaikan
hasil pengamatan gambar secara lisan di depan kelas.
3. Siswa
melakukan percobaan dan mengamati hasil percobaan tentang energi panas pada
buku siswa.
4. Siswa
menemukan hal-hal yang perlu diamati dengan merumuskan pertanyaan-pertanyaan
seperti:
a. Bagaimana
penulisan kata, lambang bilangan, dan tanda baca yang digunakan pada laporan
tersebut?
b. Bagaimana
merangkaikan antarkalimat dalam tiap paragrafnya?
c. Apa
yang perlu diperhatikan dalam membuat sebuah kalimat?
d. Bagaimana
membuat kalimat agar mudah dipahami oleh pembaca?
5.
Siswa menuliskan
hasil percobaan yang telah dilakukan
Hal-hal yang perlu diperhatikan
dalam membuat laporan adalah:
·
Ketepatan penulisan
huruf, kata, lambang bilangan,
·
serta ketepatan
penggunaan tanda baca.
·
Ketepatan penggunaan
kata-kata untuk mengungkapkan
·
suatu maksud sesuai
situasi dan kondisi.
·
Keefektifan kalimat
untuk mewakili gagasan atau perasaan penulis yang ingin disampaikan kepada
pembacanya.
·
Kalimat yang baik
harus mengandung subjek dan predikat.
·
Adanya keterpaduan
antarparagraf.
6. Siswa
mendiskusikan hal-hal apa saja yang dapat dipelajari dari kegiatan percobaan
ini.
7. Siswa
mendiskusikan sikap apa saja yang harus ditunjukkan pada saat kegiatan
percobaan dilakukan.
8. Siswa
menganalisis gambar yang ada pada buku tentang sikap hemat energi.
9. Siswa
berdiskusi tentang cara aman menggunakan alat-alat listrik dengan amansecara
berkelompok.
10. Siswa
mengemukan pendapatnya pada kegiatan diskusi kelas yang dibimbing guru. Saat
kegiatan diskusi, guru memandu siswa agar berani mengungkapkan pendapatnya
dengan mengucapkan kata-kata pujian yang membangun/positif bila ada siswa
yang berani mengungkapkan pendapatnya. Apabila siswa belum berani
mengungkapkan pendapatnya, bisa dimulai dengan pendapat yang diberikan oleh
guru dan meminta siswa untuk melanjutkannya.
11. Siswa
menjawab pertanyaan yang ada pada buku siswa.
|
150 menit
|
Penutup
|
1. Guru memberikan kesempatan bertanya
kepada siswa mengenai materi yang belum jelas.
2. Guru membimbing siswa dalam menyimpulkan
kegiatan belajar.
3. Guru memberikan evaluasi yang dikerjakan
secara individu.
4. Guru mengumpulkan hasil kerja sebagai
bahan portofolio dan melakukan penilaian.
5. Guru membimbing siswa merefleksi
kegiatan pembelajaran, meliputi:
a. Apa
yang kalian pelajari dari kegiatan hari ini?
b. Kegiatan
apa yang paling kalian sukai? Mengapa?
c. Kesulitan
apa yang kalian temui?
d. Hal
baik apa yang dapat kamu terapkan dalam kegiatan sehari-hari? Serta jelaskan
mengapa kamu perlu menerapkannya
6. Guru memberikan penguatan berupa pujian
atas hasil kerja kelompok yang telah dilakukan dan penambahan informasi yang
memperjelas konsep yang telah didapat siswa.
7. Guru
mengadakantindaklanjutdenganmemberitugasmengisitabelpenggunaanenergi di rumah.
8. Guru menyampaikan informasi untuk
pertemuan berikutnya. “Pertemuan besok masih mendalami tema Selalu Berhemat
Energi dengan subtema Gaya dan Gerak”.
9. Guru bersama siswa mengakhiri
proses pembelajaran dengan berdo’a dan mengucap salam.
|
15 menit
|
G.
SUMBER DANMEDIA
1. Buku Pedoman Guru Tema 2 Kelas 4 dan Buku Siswa Tema 2 Kelas 4
(Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013,
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
2. Gambar
tentang Pemanfaatan Energi.
Fitria J. 98
Tidak ada komentar:
Posting Komentar