Minggu, 06 Juli 2014

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) 6. Lingkungan Bersih,Sehat,danAsri/ 2.LingkunganSekitar Rumahku



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan      :  Sekolah Dasar
 Kelas/ Semester          :  I/ 2 (Dua)
Tema/ Subtema           : 6. Lingkungan Bersih,Sehat,danAsri/ 2.LingkunganSekitar Rumahku
Pembelajaran              : 2
Alokasi Waktu            : 1 Hari (60 Menit)

A.      Kompetensi Inti (KI)
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamat ( mendengar, melihat, membaca ) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya dan benda-benda yang dijumpai disekolah dan dirumah
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku ansk beriman dan berakhlak mulia

B.       Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator
Matematika
3.5 Mengenal bangun datar dan bangun ruang menggunakan benda-benda yang ada disekita rumah, sekolah atau tempat bermain
Indikator
3.5.1 Mengamati bentuk-bentuk bangun ruang dengan mengamati gambar dan benda di lingkungan sekitar sekolah
3.5.2 Mengidentifikasi bentuk bangun ruang balok, tabung dan bola
Bahasa Indonesia
3.1 Mengenal teks deskreptif tentang anggota tubuh dan panca indra, wujud dan sifat benda serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa indonesia lisan dan tulisan yang dapat di isi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.1 Mengamati dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindera, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulisan yang dapat diisi kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
Indikator
3.1.1 Mengamati dan memperagakan teks percakapan yang telah disediakan
4.1.1 Melakukan percakapan dengan dialog yag dibuat sendiri
SBDP
4.13  Membuat karya kreatif dengan menggunakan bahan alam di lingkungan sekitar melalui
kegiatan melipat, menggunting, dan menempel.
Indikator
4.13.1 Membuat poster cerita bergambar.
C.    Tujuan Pembelajaran
1.      Setelah mendengarkan penjelasan guru siswa dapat melakukan tentang kebiasaan membuang sampah dengan lancar
2.      Setelah berdiskusi dan mengamati benda, siswa dapat membedakan bangun ruang balok dan bukan balok
3.      Setelah berdiskusi dan mengamati benda, siswa dapat membedakan bangun ruang tabung dan bukan tabung
4.      Setelah berdiskusi dan mengamati benda, siswa dapat membedakan bangun ruang bola dan bukan bola 
5.      Setelah mengamati contoh, siswa dapat menuliskan cerita dari gambar yang dibuatnya sesuai ketentuan.
D.    Materi Pembelajaran 
1.      Bangun Ruang
2.      Teks diskriptif
3.      Menggambar

E.     Pendekatan,Strategi,  Metode
Pendekatan     : Scientific
Strategi            : Examples Non Examples
Metode            : Ceramah, tanya jawab, diskusi
F.     Media, alat dan sumber belajar
Media  : Cerita
Alat     : balok, tabung, bola
Sumber pembelajaran: Buku siswa Tema 6. Lingkungan Bersih, Sehat dan Asri, halaman 40 s/d 46, Buku guru Tema 6. Lingkungan Bersih, Sehat dan Asri, halaman 37 s/d 39
G.    Langkah-langkah kegiatan pembelajaran
Kegiatan
Diskripsi Kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan
  1. Dengan dipimpin ketua kelas guru bersama siswa berdoa untuk mengawali pembelajaran dilanjutkan absensi kehadiran siswa
  2. Guru melakukan apersepsi sebagai awal komunikasi, sebelum melaksanakan pembelajaran
  3. Guru memberi motivasi agar semangat dalam mengikuti pembelajaran yang akan dilaksanakan
  4. Guru menjelaskan kegiatan yang akan dilaksanakan hari ini dan menyampaikan tujuan yang akan dicapai dari kegiatan tersebut dengan bahasa yang sederhana dan dapat dipahami siswa
10 menit
Kegiatan Inti
( Bagian 1 )
  1. Siswa mengingat kembali cerita tentang lingkungan yang bersih dan sehat dari pelajaran sebelumnya (mengumpulkan informasi)
  2. Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang dua orang anak yang sedang bercakap-cakap tentang menjaga kebersihan (mendengar)
  3.  Siswa mengamati wacana percakapan di buku siswa (mengamati)
  4. Siswa melihat ciri-ciri teks tersebut, misalnya ada nama tokoh, kalimatnya yang merupakan perkataan si tokoh dan lain-lain (menalar)
  5. Siswa mengingat kembali bahwa teks tersebut percakapan dan dibaca dengan cara diperankan dengan sejumlah orang sebagai tokoh dalam teks tersebut(menalar)
  6. Siswa berlatih membaca teks untuk memahami isinya dengan menggunakan intonasi dan ekspresi yang sesuai (membaca)
  7. Siswa berlatih percakapan dengan gayanya sendiri. Siswa dapat berlatih berpasangan atau dalam kelompok kecil dan saling memberi masukan kepada temannya(eksplorasi, elaborasi, menyimak, menalar, mengkomunikasikan)
  8. Siswa membawakan percakapan di depan kelas secara bergantian (mengkomunikasikan)
15 menit
Kegiatan bagian 2
  1. Siswa menjawab pertanyaan tentang bentuk-bentuk yang mereka ketahui (menalar)
  2. Siswa mengingat-ingat bentuk benda yang ada di rumah (eksplorasi dan elaborasi, menyimak dan menalar)
  3. Siswa menjawab pertanyaan guru tentang bentuk kaleng,tempat sampah, bola dunia, boks dan lain-lain (menalar)
  4. Siswa mengamati benda-benda dikelas atau diluar kelas yang mempunyai bentuk/bangun ruang seperti yang telah disebutkan tadi (mengamati)
  5. Siswa membuat  poster tentang kebersihan di buku siswa dengan menambahkan (biji-bijian, ranting,kertas kecil) sebagai bingkai. (eksplorasi,menalar)
  6. Siswa mengerjakan latihan dibuku siswa dan jika memerlukan, dapat bertanya lebih mendalam kepada guru yang berkeliling sambil mengecek pemahaman siswa (menalar)

Penutup
  1. Guru mengadakan refleksi tentang kegiatan yang sudah dilakukan
  2. Guru melakukan penguatan tentang kegiatan yang sudah dilakukan serta membuat rangkuman
  3. Guru memberi tugas yang harus dikerjakan di rumah
  4. Guru menyampaikan pelajaran yang akan datang
  5. Guru dan siswa berdoa untuk menutup pembelajaran
15 menit
H.    Penilaian
  1. Teknik penilaian
    1. Unjuk Kerja: Mendiskripsikan, pemahaman
    2. Penilaian Pengamatan (observasi)
    3. Bentuk penilaian

Mengetahui …………………….2014
Kepala Sekolah                                                                           Guru Kelas 1




















LAMPIRAN

1.      Unjuk kerja
Rubrik penilaian percakapan berdasarkan teks
No
Kriteria
Baik sekali
(4)
Baik (3)
Cukup (2)
Perlu bimbingan (1)
1
Ketepatan isi percakapan dengan teks
Seluruh pwrcakapan sesuai dengan teks
Setengah bagian atau lebih percakapan sesuai dengan teks
Kurang dari setengah bagian percakapan sesuai dengan teks
Seluruh bagian percakapan belum sesuai dengan teks
2
Kemampuan memperagakan percakapan
Mampu memperagakan percakapan sepenuhnya dengan percaya diri, dan menggunakan intonasi suara yang tepat
Mampu memperagakan percakapan sepenuhnya dengan kurang percaya diri, dan menggunakan intonasi suara yang tepat
Mampu memperagakan percakapan namun masih harus dibantu guru
Siswa belum mampu memperagakan percakapan
 Observasi
No
Kriteria
Terlihat (V)
Belum Terlihat (V)
1
Ketepatan dalam mengidentifikasi bangun ruang ( balok,tabung,bola)


2
Antusiasme dalam kegiatan


3
Kemandirian dalam kegiatan



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Minggu, 06 Juli 2014

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) 6. Lingkungan Bersih,Sehat,danAsri/ 2.LingkunganSekitar Rumahku



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan      :  Sekolah Dasar
 Kelas/ Semester          :  I/ 2 (Dua)
Tema/ Subtema           : 6. Lingkungan Bersih,Sehat,danAsri/ 2.LingkunganSekitar Rumahku
Pembelajaran              : 2
Alokasi Waktu            : 1 Hari (60 Menit)

A.      Kompetensi Inti (KI)
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamat ( mendengar, melihat, membaca ) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya dan benda-benda yang dijumpai disekolah dan dirumah
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku ansk beriman dan berakhlak mulia

B.       Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator
Matematika
3.5 Mengenal bangun datar dan bangun ruang menggunakan benda-benda yang ada disekita rumah, sekolah atau tempat bermain
Indikator
3.5.1 Mengamati bentuk-bentuk bangun ruang dengan mengamati gambar dan benda di lingkungan sekitar sekolah
3.5.2 Mengidentifikasi bentuk bangun ruang balok, tabung dan bola
Bahasa Indonesia
3.1 Mengenal teks deskreptif tentang anggota tubuh dan panca indra, wujud dan sifat benda serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa indonesia lisan dan tulisan yang dapat di isi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.1 Mengamati dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindera, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulisan yang dapat diisi kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
Indikator
3.1.1 Mengamati dan memperagakan teks percakapan yang telah disediakan
4.1.1 Melakukan percakapan dengan dialog yag dibuat sendiri
SBDP
4.13  Membuat karya kreatif dengan menggunakan bahan alam di lingkungan sekitar melalui
kegiatan melipat, menggunting, dan menempel.
Indikator
4.13.1 Membuat poster cerita bergambar.
C.    Tujuan Pembelajaran
1.      Setelah mendengarkan penjelasan guru siswa dapat melakukan tentang kebiasaan membuang sampah dengan lancar
2.      Setelah berdiskusi dan mengamati benda, siswa dapat membedakan bangun ruang balok dan bukan balok
3.      Setelah berdiskusi dan mengamati benda, siswa dapat membedakan bangun ruang tabung dan bukan tabung
4.      Setelah berdiskusi dan mengamati benda, siswa dapat membedakan bangun ruang bola dan bukan bola 
5.      Setelah mengamati contoh, siswa dapat menuliskan cerita dari gambar yang dibuatnya sesuai ketentuan.
D.    Materi Pembelajaran 
1.      Bangun Ruang
2.      Teks diskriptif
3.      Menggambar

E.     Pendekatan,Strategi,  Metode
Pendekatan     : Scientific
Strategi            : Examples Non Examples
Metode            : Ceramah, tanya jawab, diskusi
F.     Media, alat dan sumber belajar
Media  : Cerita
Alat     : balok, tabung, bola
Sumber pembelajaran: Buku siswa Tema 6. Lingkungan Bersih, Sehat dan Asri, halaman 40 s/d 46, Buku guru Tema 6. Lingkungan Bersih, Sehat dan Asri, halaman 37 s/d 39
G.    Langkah-langkah kegiatan pembelajaran
Kegiatan
Diskripsi Kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan
  1. Dengan dipimpin ketua kelas guru bersama siswa berdoa untuk mengawali pembelajaran dilanjutkan absensi kehadiran siswa
  2. Guru melakukan apersepsi sebagai awal komunikasi, sebelum melaksanakan pembelajaran
  3. Guru memberi motivasi agar semangat dalam mengikuti pembelajaran yang akan dilaksanakan
  4. Guru menjelaskan kegiatan yang akan dilaksanakan hari ini dan menyampaikan tujuan yang akan dicapai dari kegiatan tersebut dengan bahasa yang sederhana dan dapat dipahami siswa
10 menit
Kegiatan Inti
( Bagian 1 )
  1. Siswa mengingat kembali cerita tentang lingkungan yang bersih dan sehat dari pelajaran sebelumnya (mengumpulkan informasi)
  2. Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang dua orang anak yang sedang bercakap-cakap tentang menjaga kebersihan (mendengar)
  3.  Siswa mengamati wacana percakapan di buku siswa (mengamati)
  4. Siswa melihat ciri-ciri teks tersebut, misalnya ada nama tokoh, kalimatnya yang merupakan perkataan si tokoh dan lain-lain (menalar)
  5. Siswa mengingat kembali bahwa teks tersebut percakapan dan dibaca dengan cara diperankan dengan sejumlah orang sebagai tokoh dalam teks tersebut(menalar)
  6. Siswa berlatih membaca teks untuk memahami isinya dengan menggunakan intonasi dan ekspresi yang sesuai (membaca)
  7. Siswa berlatih percakapan dengan gayanya sendiri. Siswa dapat berlatih berpasangan atau dalam kelompok kecil dan saling memberi masukan kepada temannya(eksplorasi, elaborasi, menyimak, menalar, mengkomunikasikan)
  8. Siswa membawakan percakapan di depan kelas secara bergantian (mengkomunikasikan)
15 menit
Kegiatan bagian 2
  1. Siswa menjawab pertanyaan tentang bentuk-bentuk yang mereka ketahui (menalar)
  2. Siswa mengingat-ingat bentuk benda yang ada di rumah (eksplorasi dan elaborasi, menyimak dan menalar)
  3. Siswa menjawab pertanyaan guru tentang bentuk kaleng,tempat sampah, bola dunia, boks dan lain-lain (menalar)
  4. Siswa mengamati benda-benda dikelas atau diluar kelas yang mempunyai bentuk/bangun ruang seperti yang telah disebutkan tadi (mengamati)
  5. Siswa membuat  poster tentang kebersihan di buku siswa dengan menambahkan (biji-bijian, ranting,kertas kecil) sebagai bingkai. (eksplorasi,menalar)
  6. Siswa mengerjakan latihan dibuku siswa dan jika memerlukan, dapat bertanya lebih mendalam kepada guru yang berkeliling sambil mengecek pemahaman siswa (menalar)

Penutup
  1. Guru mengadakan refleksi tentang kegiatan yang sudah dilakukan
  2. Guru melakukan penguatan tentang kegiatan yang sudah dilakukan serta membuat rangkuman
  3. Guru memberi tugas yang harus dikerjakan di rumah
  4. Guru menyampaikan pelajaran yang akan datang
  5. Guru dan siswa berdoa untuk menutup pembelajaran
15 menit
H.    Penilaian
  1. Teknik penilaian
    1. Unjuk Kerja: Mendiskripsikan, pemahaman
    2. Penilaian Pengamatan (observasi)
    3. Bentuk penilaian

Mengetahui …………………….2014
Kepala Sekolah                                                                           Guru Kelas 1




















LAMPIRAN

1.      Unjuk kerja
Rubrik penilaian percakapan berdasarkan teks
No
Kriteria
Baik sekali
(4)
Baik (3)
Cukup (2)
Perlu bimbingan (1)
1
Ketepatan isi percakapan dengan teks
Seluruh pwrcakapan sesuai dengan teks
Setengah bagian atau lebih percakapan sesuai dengan teks
Kurang dari setengah bagian percakapan sesuai dengan teks
Seluruh bagian percakapan belum sesuai dengan teks
2
Kemampuan memperagakan percakapan
Mampu memperagakan percakapan sepenuhnya dengan percaya diri, dan menggunakan intonasi suara yang tepat
Mampu memperagakan percakapan sepenuhnya dengan kurang percaya diri, dan menggunakan intonasi suara yang tepat
Mampu memperagakan percakapan namun masih harus dibantu guru
Siswa belum mampu memperagakan percakapan
 Observasi
No
Kriteria
Terlihat (V)
Belum Terlihat (V)
1
Ketepatan dalam mengidentifikasi bangun ruang ( balok,tabung,bola)


2
Antusiasme dalam kegiatan


3
Kemandirian dalam kegiatan



Tidak ada komentar:

Posting Komentar